Thursday, April 20, 2017

Agar Tak Boros, Tisu Toilet Di Cina Dilengkapi Mesin Pengenal Wajah


tauajalah.com - Pernah gak sih kamu sedang dalam toilet lalu menggunakan tisu toilet sesuka hatimu. Padahal, tisu toilet itu salah satu penyumbang emisi gas karbon loh! Bahan pembuatan tisu sama seperti kertas yakni dari kayu pohon hasil penebangan hutan. Nah, di Cina untuk menghindari kebiasaan boros, sebuah toilet melengkapi tisunya dengan mesin pengenal wajah.
Mesin pengenal wajah itu terhubung dengan wadah tisu otomatis di toilet Temple Of Heaven Park, Beijing. Cara kerjanya sungguh unik dan modern. Setiap orang hanya bisa mengambil dua potong tisu. Ketika menarik tisu dari tempatnya, wajah mereka akan terdeteksi.

Nah, mereka tak bisa lagi menarik tisu selama sembilan menit. Jika sudah lewat sembilan menit, barulah tisu bisa ditarik lagi dengan jatah yang sama (dua potong tisu). Meski terkesan modern dan unik, banyak orang lokal yang enggan memakai mesin otomatis itu.
Mereka takut pemerintah Cina menggunakan data wajah mereka sebagai bagian dari kontrol pemerintah terhadap aktivitas warganya. Manajemen pengelola Temple Of Heaven Park mengatakan tudingan itu berlebihan. Cara itu dipakai untuk menghindari perilaku pengguna toilet yang boros.

Dalam situasi tertentu, pengguna toilet masih bisa menggunakan tisu lebih dari jumlah yang dijatah. Namun mereka lebih dulu harus lapor pada penjaga yang sudah siap sedia menunggu di luar.
Kemunculan mesin pengenal wajah yang terpasang di tisu toilet juga mendapatkan kritik. Banyak pihak menuding hal itu terlalu boros lantaran harga mesin pengenal wajah yang lumayan mahal. Namun argumen itu sepertinya tidak berlaku mengingat fakta lain yang menunjukkan, setiap hari sebanyak 30 rol tisu toilet di Cina berhasil dicuri. Jadi, cukup masuk akal kan! Setuju gak bila mesin seperti itu dipasang juga di Indonesia? TEKNOLOVE

0 comments

Post a Comment