Thursday, April 27, 2017

Fakta-fakta Menarik Kapal Induk Pertama Buatan China


tauajalah.com - China unjuk kekuatan dengan memamerkan kapal induk untuk mendukung militernya, yang didesain dan diciptakan sendiri. Apa saja hal menarik soal kapal yang belum diberi nama itu?

Peluncuran kapal ini memang dinilai baru simbolis dan belum bisa dioperasikan sampai beberapa tahun lagi. Ditujukan untuk unjuk kekuatan di tengah beragam konflik yang melibatkan China. Ini beberapa hal menariknya, dikutip detikINET dari berbagai sumber.

Terinspirasi Kapal Induk Rusia
Dibuat di China oleh Dalian Shipbuilding Industry Company, kapal induk ini adalah Type 001A yang didesain dengan basis kapal induk Kuznetsov yang dibuat pada era Uni Soviet. 


Kapal induk China pertama yang diberi nama Liaoning, juga diketahui dibuat dengan frame Kuznetsov. Liaoning sendiri dibeli dari Ukraina dan dimodifikasi sendiri oleh China.
Fakta-fakta Menarik Kapal Induk Pertama Buatan ChinaFoto: Reuters


Berukuran Besar
Kapal ini berbobot 50 ribu ton, dengan panjang 314 meter dan lebar sekitar 74 meter. Berarti sedikit lebih besar dari Liaoning, namun jauh lebih kecil dari kapal induk buatan Amerika Serikat.


Dia juga masih tertinggal secara teknologi. Ditenagai dengan turbin uap konvensional, Type 001A dikatakan lebih lambat dan jauh lebih terbatas area jelajahnya dibandingkan kapal induk AS yang bertenaga nuklir.


Sistem Peluncuran Ski Jump
Kapal ini akan mengangkut puluhan jet tempur Shenyang J-15 dengan sistem lepas landas yang disebut 'ski jump'. Berarti pada ujung landasan dek, sebuah 'ski-jump' mengangkat pesawat ke atas, yang setelah itu terbang dengan kekuatan sendiri.


Kapal induk AS sendiri sudah beberapa yang mengandalkan sistem ketapel yang meskipun mahal, lebih multifungsi karena bisa meluncurkan beragam pesawat dari dek kapal induk, bukan hanya jet tempur saja. 


'Ski jump' tak memungkinkan pesawat tempur mengudara dengan persenjataan lengkap dan bahan bakar penuh. Dan pesawat dengan daya dorong lebih rendah seperti pesawat pengintai sulit terbang memakai landasan 'ski jump'.

Mengangkut Jet Shenyang J-15
Kapal induk tersebut dirancang dapat mengangkut sampai 24 unit jet tempur Shenyang J-15 yang juga buatan China. Juga tambahan 12 helikopter.


Shenyang J-15 sendiri saat ini masih belum dioperasikan secara luas. Pesawat buatan Shenyang Aircraft Corporation tersebut diketahui pertama kali diterbangkan pada tahun 2009.(detik)

0 comments

Post a Comment