tauajalah.com- Sekarang ini kita hidup di era teknologi informasi yang dapat diakses dengan mudah. Dunia kini lebih terhubung dengan singkat tak ada lagi batasan waktu dan ruang.
Hampir separuh populasi di dunia menggunakan Internet dalam kehidupan sehari-hari, tidak terkecuali di Indonesia yang hingga saat ini pengguna Internet-nya sudah mencapai kurang lebih 87 juta orang. Dengan pengguna aktif sekitar 80% dari populasi pengguna Internet yang tercatat.
Internet kini menjadi sebuah kebutuhan. Segala informasi yang dibutuhkan orang senantiasa dicari melalui Internet. Ditunjang dengan semakin “canggihnya” ponsel setelah terciptanya aplikasi yang berbasis Android dan iOS menjadikan dunia seakan-akan ada dalam genggaman. Terlepas dari sisi ngatif dari penggunaan Internet, masih terselip banyak hal positif yang dapat diraih dari penggunaan Internet.
Masih ingatkah bagaimana seseorang dapat mengembangkan usahanya melalui media Internet, seperti contohnya Keripik Mak Icih yang terkenal setelah mempromosikan bisnisnya melalui Internet? Bukan itu saja banyak anak-anak muda di belahan dunia dan khususnya Indonesia mengembangkan bisnis sejak masa sekolah melalui dunia Internet? Salah satu platform yang favorit dan banyak digunakan adalah media sosial.
Jaringan media sosial merupakan sebuah sumber daya yang luar biasa untuk mempromosikan sebuah bisnis. Dengan berbagai platform yang ditawarkan memberikan kebebasan kepada pelaku bisnis dalam melakukan promosi agar terjangkau pada pemirsanya.
Promosi di media sosial dapat dilakukan dengan gratis maupun dengan sistem berbayar, tergantung pada pilihan dan tentunya kemampuan finansial yang dimiliki. Kamu pun tidak harus masuk ke dalam semua platform media sosial yang tersedia, pilihlah yang sesuai dengan hasrat yang membuat kamu nyaman melakukannya.
Jika kamu hendak membuat strategi pemasaran di media sosial dengan sukses, kamu harus mengetahui dan membiasakan diri dengan feature yang disediakan oleh jejaring sosial yang akan digunakan. Optimalkan kemampuan promosi yang kamu miliki dan maksimalkan kemudahan yang disediakan. Kelompokan pemirsa yang hendak kamu capai, berdayakan mereka dalam promo yang kamu lakukan.
Apa saja platform media sosial yang populer yang dapat kamu bidik sebagai sarana mempromosikan bisnis yang kamu ?
Di bawah ini di uraikan secara singkat beberapa media sosial yang populer untuk kamu, yang dikutip dari businessnewsdaily.com :
Facebook adalah jaringan sosial terbesar di web, baik dari segi pengenalan nama dan jumlah total pengguna. Dengan hampir 1,8 miliar pengguna aktif, Facebook adalah media besar untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh dunia dengan bisnis kamu.
Dan situs ini tidak hanya jaringan terbesar, tetapi juga bisa dibilang yang paling serbaguna. Dalam 13 tahun sejak diluncurkan, Facebook tumbuh dari sebuah website sederhana di mana mahasiswa bisa tetap berhubungan menjadi web multifaset dan platform mobile di mana dan siapa pun dapat terhubung dengan teman-teman dan keluarga, tetapi juga selebriti, organisasi, bisnis dan banyak lagi. Semua berkat fitur Pages.
Menimbang bahwa Facebook memiliki banyak pilihan untuk semua jenis organisasi, itu adalah titik awal yang bagus untuk bisnis yang kamu jalankan. Kamu dapat menggunakan Facebook untuk berbagi foto, video, update penting perusahaan dan lain sebagainya. Selain itu, situs ini dalam pemeliharaan lebih rendah dari jaringan media sosial lainnya. Apakah kamu update tiap beberapa hari atau hanya beberapa minggu, tidak akan membuat banyak perbedaan dalam pikiran fans.
Twitter dapat berbagi update teks singkat (140 karakter atau kurang), mengirim link video, gambar, jajak pendapat dan banyak lagi. Kamu juga dapat dengan mudah berinteraksi dengan pengguna lain dengan menyebutkan username mereka dalam posting kamu, sehingga Twitter adalah cara yang bagus untuk cepat terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia. (Platform rata-rata sekitar 320 juta pengguna aktif di seluruh dunia dan merupakan salah satu dari 10 situs terbaik di Amerika Serikat).
Karena jangkauan yang luas, Twitter tidak hanya cara yang bagus untuk pasar bisnis kamu, tetapi juga saluran yang efektif untuk menangani layanan pelanggan. Misalnya, jika kamu mempertahankan kehadiran aktif Twitter, pelanggan yang juga aktif di platform akan mencari kamu untuk mengekspresikan keprihatinan atau berbagi pujian.
Pinterest memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan menampilkan konten dengan papan buletin digital, yang dapat diatur berdasarkan kategori. Jadi, misalnya, pengguna pribadi mungkin memiliki papan makanan yang didedikasikan untuk resep, papan lain yang didedikasikan untuk fotografi dan sebagainya. Platform ini juga memiliki serangkaian jenis pin khusus, yang dapat digunakan untuk menambahkan informasi khusus ke pin mereka, seperti detail produk dan bahkan peta lokasi.
Pinterest sangat berorientasi visual. Setiap posting harus gambar atau video, dan seperti Facebook, juga cukup rendah pemeliharaan dalam hal frekuensi posting.
Namun, menjaga papan kamu terorganisir dan ramah dalam pencarian, dapat memakan waktu. Pinterest juga termasuk “niche”, bila dibandingkan dengan Facebook atau Twitter. Sehingga mungkin tidak bekerja untuk semua orang.
Pengguna Pinterest ini terutama wanita, dan kategori populer pada situs ini adalah proyek Diet, fesyen, olahraga, kecantikan, fotografi dan makanan. Tetapi bukan berarti bisnis di luar kategori ini tidak dapat berhasil pada platform ini. Pinterset merupakan alat pemasaran yang sangat baik untuk bisnis kamu yang khas untuk konsumen wanita.
Instagram mirip dengan Pinterest, Instagram adalah sebuah platform media sosial visual yang didasarkan sepenuhnya pada foto dan video. Kini bergabung dengan Facebook, Instagram memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Banyak dari mereka posting tentang makanan, seni, perjalanan, fashion dan mata pelajaran yang sama.
Instagram dibedakan oleh álter yang unik dan foto serta video-editing pilihan. Platform ini, tidak seperti yang lain, hampir seluruhnya mobile. Meskipun ada versi web, kamu tidak dapat mengambil foto atau membuat posting baru.
Instagram adalah ceruk bagi yang secara artistik unggul. Itu mungkin tidak cocok untuk bisnis kamu. Jika kamu ingin sukses dengan Instagram, yang paling penting kamu harus memiliki mata yang baik untuk detail dan sedikit memilki keterampilan dasar fotografi. Sehingga foto dan video yang diposting ke akun kamu menghasilkan obyek yang berkualitas tinggi.
Youtube adalah platform berbagi video dengan lebih dari satu miliar pengguna. Di mana orang dapat melihat, meng-upload, berbagi, dan mengomentari konten. Pengguna secara otomatis ditetapkan salurannya. Pengguna lain dapat berlangganan dan akan diberitahu setiap kali video baru di-upload. YouTube sekarang dimiliki oleh Google, situs ini tempatnya berita dan hiburan terbesar di dunia maya.
Dibuat lebih dari satu dekade yang lalu, YouTube telah melalui banyak perubahan. Misalnya, pengguna dapat menghasilkan uang dari Google AdSense. Pendapatan tergantung pada jumlah penayangan iklan pada video.
Banyak bisnis di YouTube memiliki komponen kreatif, visual atau pendidikan. Platform ini sangat didorong oleh kreativitas, jadi penting untuk memiliki kemampuan edit video untuk memproduksi konten yang baik.
Snapchat adalah jaringan media sosial jenis visual lainnya. Tetapi tidak seperti dengan pesaingnya, isi Snapchat bisa terhapus sendiri. Pengguna dapat mengirim video dan foto. Tersedia hingga 10 detik pada suatu waktu, satu sama lain, atau posting konten ke Stories publik mereka, yang menghilang setelah 24 jam.
Selama lima tahun terakhir, aplikasi telah diperluas untuk mencakup chatting, messaging, penyimpanan gambar, acara dan konten media. Sekarang, konten dapat dengan mudah disimpan dan upload di tempat lain.
Fitur Discover, misalnya, mengkompilasi konten populer dari publikasi terkenal seperti BuzzFeed dan The Wall Street Journal. Dengan lebih dari 150 juta pengguna, aplikasi ini dirancang ketat untuk perangkat mobile dan tidak dapat diakses di web.
Dengan mengetahui feature dan mempelajarinya dengan seksama yakin kamu dapat sukses belajar sambil berbisnis. Selepas masa belajar tentunya kamu telah memiliki bisnis sendiri. Bukankah hal yang sangat menyenangkan apabila memiliki bisnis sendiri?
Dengan memiliki bisnis kamu telah membantu orang lain dan negara ini dalam pemenuhan lapangan pekerjaan. Selamat belajar dan berbisnis sukses masa depan ada di tangan kamu. (cnnindonesia)
0 comments
Post a Comment