Thursday, April 6, 2017

Merugi Besar, Bos Yahoo Dihukum Tak Dapat Bonus


tauajalah.com - Yahoo mau tak mau harus menghukum CEO Marissa Mayer dengan tidak memberikan bonus sama sekali tahun ini. Peretasan informasi pengguna yang merugikan perusahaan USD 350 juta jadi salah satu penyebabnya. 

Mayer juga tidak akan menerima hasil saham yang potensial menguntungkan, karena berdasarkan investigasi Yahoo menyimpulkan, tim manajemen Mayer dinilai terlalu lamban menangani insiden peretasan ini. 

Dalam sebuah posting blog di Tumblr, Mayer mengakui bahwa dirinya tidak pantas menerima bonus tahunan. Dikatakannyam dia tidak cermat mempelajari lingkup peretasan hingga serangan hacker terjadi lagi pada September 2016 dan dia berusaha keras memperbaiki keadaan. 

"Saya adalah CEO perusahaan dan karena kejadian ini terjadi selama masa jabatan saya, saya setuju untuk tidak mendapat bonus dan merelakan jatah hibah ekuitas tahunan saya," tulis Mayer.

Dalam laporannya, dewan direksi Yahoo mengatakan pihaknya memutuskan untuk menahan bonus cash yang seharusnya dibayarkan kepada Mayer sebesar USD 2 juta. Mereka juga menerima tawaran Mayer untuk melepaskan jatah sahamnya yang bernilai jutaan dolar.

Seperti diketahui, Desember tahun lalu Yahoo mengumumkan adanya pembobolan terhadap servernya, yang mengakibatkan bocornya sekitar 1 miliar pengguna. Pembobolan sudah berlangsung pada 2014. 

Karena kasus ini, Yahoo General Counsel Ronald Bell mengundurkan diri tanpa pesangon karena dianggap bertanggung jawab menangani adanya penyimpangan dalam hal keamanan. Alex Stamos, top eksekutif Yahoo di bidang keamanan pun mundur pada 2015 lalu karena peretasan yang terjadi pada 2014. 

Dikutip dari Fox News, Jumat (3/3/2017), hasil investigasi menyimpulkan bahwa tim keamanan Yahoo menemukan bukti bahwa serangan yang terjadi belakangan juga merupakan serangan yang sama dengan yang terjadi pada 2014, namun jajaran eksekutif Yahoo gagal melakukan tindakan yang tepat. 

Peretasan terhadap akun Yahoo yang terjadi pada September dan Desember 2016 merupakan peretasan terbesar dalam sejarah internet. Dampak lain akibat pembobolan ini adalah didiskonnya nilai mahar Yahoo dari Verizon yang akan mengakuisisinya. Verizon menyebut Yahoo terkesan menutup-nutupi kasus pembobolan itu, yang juga membuat nilai jual Yahoo merosot. (finance.detik)

0 comments

Post a Comment