Saturday, April 8, 2017

Spotify Uji Layanan Audio Tanpa Kompresi


tauajalah.com - Spotify baru-baru ini menguji sebuah fitur baru pada layanannya, yaitu audio dengan kualitas lossless alias tanpa kompresi.

Layanan tersebut saat ini bernama Spotify Hi-Fi, yang akan bertarif USD 5 sampai USD 10 tiap bulannya, untuk ditambahkan pada tarif bulanannya yang dipatok USD 10. Fitur anyar ini -- jika benar diluncurkan -- tentu membuat Spotify besaing dengan Tidal, yang mempunyai layanan sejenis bertarif USD 20 per bulan.

Kabar ini terungkap dari sejumlah pengguna forum Reddit yang melaporkan kehadiran fitur anyar ini pada akun Spotify miliknya. Namun ketika opsi Hi-Fi itu dipilih, tulisan yang muncul adalah menu itu tak bisa digunakan di area tersebut.

Juru bicara Spotify memang tak menepis atau mengkonfirmasi rumor ini. Namun mereka menyebut kalau Spotify selalu menguji produk dan layanan baru setiap saat.

Saat ini, pada musik yang ditawarkan di layanan Spotify punya bitrate antara 160 kbps untuk desktop dan 96 kbps pada perangkat mobile, yang disebut sebagai layanan normal. Sementara pelanggan berbayar bisa menikmati musik dengan kualitas lebih tinggi, yang bitratenya mencapai 320 kbps.

Sementara untuk layanan Hi-Fi atau lossloess, bitrate yang ditawarkan adalah 1.411 kbps. Kualitas audio setinggi ini sebenarnya dipertanyakan banyak pihak, apakah perbedaan kualitasnya akan bisa terasa oleh pengguna biasa.

Pasalnya, teknologi kompresi lagu saat ini terbilang sudah canggih. Di mana algoritma akan menghapus frekuensi-frekuensi tertentu yang dipercaya tak bisa didengar oleh kuping manusia, dan bisa mengurangi ukuran filenya secara signifikan.

TENOLOVE.ID

0 comments

Post a Comment