Sunday, April 16, 2017

Kecimol Hot Dance yang lagi Trend di Lombok


tauajalah.com - Joget adalah salah satu jenis kesenian tradisional masyarakat suku Sasak Lombok Nusa Tenggara Barat, karena tarian dan musiknya yang menampilkan tariannya yang khas dan berpakaian khusus, oleh sebagian masyarakat khas menjadikan tarian joget tersebut digemari masyarakat suku Lombok hingga sekarang salah satunya adalah  Kecimol.


Kecimol


Kecimol Adalah musik tradisional lombok, sama seperti orkes jalan dan drum band. kecimol ini menggunakan alat senar drum,tambur/bass drum, sound, guitar, bass, mic vocal, ketipung, piano, dan simbal drum. 


Ida Ocet 


Salah satu Penari atau Dancer Kecimol yang cukup terkenal adalah Ida Ocet yang mana setiap penampilannya selalu ditunggu-tunggu pengemarnya. 


karena kepiawaiannya dalam olah gerak tari serta keramahan kepada setiap penggemar yang ingin menari bersamanya. berikut video Ida Ocet menari untuk menghibur penggemarnya :


Tujuan kecimol ini sebagai pengiring musik di acara nyongkolan/pesta pernikahan dan arak-arakan yang ada di pulau lombok biasanya dalam acara Nyongkolan.


Nyongkolan 


Nyongkolan adalah sebuah kegiatan adat yang menyertai rangkaian acara dalam prosesi perkawinan pada suku sasak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. kegiatan ini berupa arak-arakan kedua mempelai dari rumah mempelai pria ke rumah mempelai wanita, dengan diiringi keluarga dan kerabat mempelai pria, memakai baju adat, serta rombongan musik tradisional lombok dan yang lagi trend saat ini diiringi dengan Kecimol yang mengiringi pengantin sampai tujuannya. berikut salah satu grup Kecimol yang cukup ternama di lombok :


Sumber berita: youtube

0 comments

Post a Comment