Tuesday, April 4, 2017

Cara Jitu Mengatasi Lelah Berlebihan Akibat Bekerja


tauajalah.com - Apakah Anda sering merasa lelah berlebihan ketika pulang kerja? Ada beberapa tips yang dapat membantu Anda mencegah rasa lelah yang berlebihan:

Ketika lelah, tubuh akan menggunakan energi dengan tidak efektif. Bahkan ada efek negatif yang muncul dari kelelahan tersebut, misalnya saja muncul lemah pada fisik, kelesuan pada mental, gelisah, mudah lupa, euforia, refleks yang lambat hingga muncul gejala microsleeping atau terkantuk-kantuk. Tentunya itu semua dapat menggangu kesehatan Anda, sekaligus menggangu produktivitas dan kinerja sehari-hari. Untuk itu, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mengatasi tubuh lelah dan stres dengan mudah, efisien dan sederhana.


1. Tidur cukup



Tidur adalah obat paling mujarab untuk menyembuhkan masalah kelelahan dan stres. Mengapa? Karena kelelahan dan stres salah satunya disebabkan oleh kurang tidur atau tidur yang tidak terjadwal dengan baik. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya bagi Anda untuk mulai mendapatkan tidur malam yang baik, sehingga kelelahan dapat diatasi.

Sebenarnya kebutuhan setiap manusia berbeda, sesuai keadaan dan umur tentunya. Namun begitu, mayoritas orang dewasa diteliti membutuhkan waktu tidur malam sebanyak 7 hingga 9 jam setiap harinya. Berbeda halnya dengan anak-anak yang membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk tidur dibandingkan orang dewasa.


2. Olahraga


Olahraga atau latihan dapat membantu tubuh Anda untuk bekerja dengan konstan. Selain itu, olahraga juga dapat membuat perasaan hati lebih nyaman, sehingga stres dapat dihindari. Lebih dari itu, olahraga diteliti mampu meningkatkan energi tubuh, sehingga kelelahan benar-benar dapat hilang.

Sama halnya dengan tidur, Anda membutuhkan waktu yang cukup untuk berolahraga. Usahakanlah untuk berolahraga dengan gerakan dan jenis yang berbeda setiap saatnya. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan keadaan Anda, baik itu dari usia, jenis kelamin, ukuran tubuh dan keadaan kebugaran fisik.


3. Konsumsi makanan yang tepat



Cara Anda makan akan mempengaruhi jumlah energi yang ada pada tubuh sepanjang harinya. Dengan mengkonsumsi makanan dengan protein dan karbohidrat yang seimbang, maka Anda akan memiliki energi yang cukup sepanjang hari, sehingga kelelahan dapat di atasi. Anda juga harus mengkonsumsi jenis-jenis nutrisi lainnya, sehingga kebutuhan tubuh dapat teratasi dan masalah kesehatan, termasuk stres dapat dicegah sedini mungkin.


4. Meditasi



Stres adalah suatu masalah umum yang hampir semua dari Kita pernah mengalaminya. Oleh sebab itu, Kita yang mengalaminya tidak perlu terlalu panik. Karena sebenarnya yang Kita butuhkan adalah menurunkan tensi dari stres itu sendiri. Salah satunya adalah dengan melakukan beberapa teknik pengurangan stres, misalnya saja dengan bermeditasi, yoga dan latihan pernafasan.


5. Jangan lupakan sarapan



Cara mengatasi tubuh lelah dan stres selanjutnya adalah dengan konsisten sarapan. Dengan sarapan setiap paginya, tubuh akan mendapatkan energi yang cukup untuk dapat melakukan berbagai macam kegiatan, sehingga Anda dapat memerangi kelelahan. Selain itu, sarapan juga menjadi diet yang ampuh untuk mengurangi berat badan. Ketika Anda sarapan, maka pada siang harinya Anda akan lebih sedikit untuk makan. Secara tidak langsung juga Anda telah melawan stres, karena bisa jadi stres timbul karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan, khususnya junk food.


6. Konsumsi suplemen



Suplemen adalah cara mengatasi tubuh lelah dan stres yang terakhir pada pembahasan kali ini. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan asupan nutrisi yang cukup kapanpun dan dimanapun, sehingga Anda tidak akan mudah lelah. Anda juga dapat memilih jenis-jenis suplemen sesuai kebutuhan, misalnya suplemen zinc untuk meningkatkan nafsu makan dan metabolisme tubuh.


7. Belajar untuk katakan ‘Tidak’



Walaupun saat ini anda menjabat sebagai kartawan, serta anda sering disuruh-suruh oleh atasan anda atau pun oleh senior anda di tempat kerja, namun anda juga berhak untuk menolak sesuatu yang memang mereka perintahkan bila pekerjaan tersebut telah overload. Jelaskan kepada mereka bahwa tugas yang memang perlu anda selesaikan dalam waktu yang cepat masih banyak.


8. Buat target



Anda harus mampu membuat target dalam satu pekerjaan yang harus terselesaikan, karena hal tersbeut juga penting untuk anda lakukan. Namun anda juga harus membuat yang bersifat realistis agar anda juga tidak perlu bekerja ekstra. Jika anda telah membuat target, maka anda harus mengerjakannya semaksimal mungkin. Yang harus anda ingat, susunlah target dengan kemampuan yang anda miliki.


9. Punya kegiatan lain



Diluar kesibukan anda dalam bekerja, anda juga memerlukan kesibukan yang lain. Hal tersebut mampu membuat anda melepas kepenatan serta kejenuhan yang anda alami yang diakibatkan oleh terlalu lamanya anda bekerja. Anda dapat menyalurkan hobi yang anda miliki, misalnya bermain futsal dengan teman-teman anda maupun refreshing.

Tubuh yang lelah dan stres sebenarnya adalah penyakit atau gejala yang muncul sebagai jawaban bahwa pola hidup Kita kurang baik. Oleh sebab itu, cara mengatasi tubuh lelah dan stres yang paling utama dan merangkum semua pembahasan di atas adalah dengan mulai merubah gaya hidup menjadi lebih baik sehingga badan tetap dalam keadaan yang sehat.

Selamat mencoba .. !!!

1 comments:

  1. terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com/essen-galatama-lele/

    ReplyDelete