Friday, April 21, 2017

Rusia Terapkan Pajak Google, iTunes Match Jadi Lebih Mahal


tauajalah.com - Harga iTune Match dan Google Play Musik meningkat di Rusia. Sebagai perusahaan online asing di sana, merek harus membayar “pajak Google”--- sebutan pajak pertambahan nilai untuk perusahan online asing. Pajak ini sebelumnya dibebaskan.

Apple menaikkan harga langganan tahunan untuk iTunes Match sebanyak 16 persen. Harga langganan bulanan untuk Apple Musik masih dipertimbangkan tidak naik hingga saat ini.

Google memberitahu penguna bahwa terjadi perubahan legislasi di Rusia. Pajak pertambahan nilai 18 persen kini akan ditambahkan pad harga semua langganan, termasuk Google Play Music.

"Google melihat kebijakan pajak di seluruh negara itu itu berjalan,” kata juru bicara Google di Rusia kepada Billboard.com, pekan lalu. Kantor Apple Rusia tidak merespon pertanyaan situs ini.

Pajak pertambahan nilai untuk perusahaan online asing yang beroperasi di Rusia diperkenalkan tahun lalu, efektif berlaku 1 Januari 2017.  Pajak ini dibayar berbasis kuartal dan pada bulan ini, perusahaan haris membayar pajak tersebut untuk pertama kalinya pada periode Januari-Maret.

Pajak tambahan juga akan dikenakan pada Netflix, Microsoft, dan Facebook.

Pada 2008, sebuah kebijakan membebaskan pajak pertambahan nilai diadopsi Rusia untuk pengembang software asing. Kebijakan ini selanjutnya berlaku untuk penjualan software pada AppStore Apple dan Google Play. Belakangan juga penjualan musik dan film di iTunes, Google Play Music, dan Netflix.

Pada awal 20016, perusahaan streaming musik dan layanan video online lokal memprotes bahwa pembebasan kompetitor asing mereka dari membayar pajak pertambahan nilai menyebabkan kondisi pasar yang tidak setara.

Parlemen Rusia segera menangkap protes  ini dengan ide mengenakan pajak pertambahan nilai untuk perusahaan online asing, yang dijuluki “pajak Google”. Pemerintah memperkirakan kebijakan ini akan menghasilkan lebih dari 10 miliar Rubel atau  US$ 174 juta per tahun dari pajak pertambahan nilai. TEKNOLOVE

0 comments

Post a Comment