Saturday, April 8, 2017

Buang Pikiran Negatif Dengan Cara yang Dianjurkan Oleh Psikolog


tauajalah.com - Memiliki pikiran negatif terlalu banyak bisa menghambat diri untuk maju dan melakukan hal baik. Seorang psikolog dari University of North Carolina bernama Dr. Barbara Fredrickson menyarankan beberapa cara mudah untuk membuang pikiran negatif tersebut serta melatih diri untuk banyak berpikir positif.

Cara pertama adalah menemukan ‘momen mikro positivitas’ yakni kebahagiaan kecil setiap hari. Misalnya dengan berbuat baik terhadap orang lain, yang secara psikologis akan memicu diri untuk ikut tertular pada kebahagiaan orang yang kita bahagiakan.

Membahagiakan orang lain ibaratnya cermin untuk sisi psikis manusia, yang dengan otomatis akan menambah nilai positif dalam diri jika sering dilakukan. Untuk skala kecil dahulu, misal membantu membawakan belanjaan orang yang kerepotan. Atau membantu menyeberangkan seorang anak kecil.

Berikut ini beberapa cara membuang pikiran negatif lainnya yang disarankan oleh psikolog Dr. Barbara Fredrickson :

Hargai lingkungan sekitar kita

Beberapa hal kecil yang kita miliki kadang luput untuk disyukuri. Misalnya kesehatan, Anda bisa tersenyum karena tidak sakit gigi. Atau kesempatan untuk minum air bersih dan menyegarkan. Bisa juga udara yang bersih tak tercemar polusi, serta sinar matahari yang membuat semua menjadi cerah. Cari hal lain untuk disyukuri maka pikiran negatif akan terus mengecil.

Bersosialisasi

Memiliki hubungan sosial yang baik pun dapat mengembangkan sisi positif dalam diri. Cobalah berkawan dengan orang baik, maka energi positifnya bisa Anda serap. Atau mulailah untuk menyapa keluarga dengan ramah dan lembut.

Tetapkan tujuan dalam hidup

Tujuan hidup membuat Anda memiliki semangat untuk memperjuangkannya. Letakkan tujuan hidup untuk motivasi berbuat yang lebih dari saat ini, serta hilangkan pikiran negatif dan putus asa. Misalnya, Anda ingin lulus sekolah dan mendapatkan nilai baik. Atau ingin berprestasi tingkat nasional dan jadi kebanggaan keluarga.

Belajar hal baru

Hal baru akan menambah semangat baru. Misal tekunilah hobi baru, atau kursus alat musik, belajar ngaji, pekerjaan baru, dan lainnya. Ini akan menambah rasa percaya diri dan mengikis pikiran negatif.

Menerima diri sendiri

Tuhan memberikan diri Anda seperti apa adanya itu, maka syukurilah. Jangan menyesali kelemahan diri, namun berusahalah untuk meningkatkan kemampuan di sisi lain. Pasti ada kelebihan yang Anda miliki, dan bisa dimaksimalkan.

Ikhlas

Belajarlah untuk ikhlas dan rela dengan hal-hal yang tak sesuai keinginan. Keinginan Anda tentu tak harus diperoleh semuanya bukan? Ada ketentuan Tuhan yang harus Anda terima dengan lapang dada, dan pasti terbaik untuk Anda.

Dengan melatih diri untuk berpikir positif dan menyikapi hidup dengan cara pandang positif, maka energi baik akan makin banyak mendekat pada Anda. semoga bermanfaat.(sidomi)

0 comments

Post a Comment