Saturday, April 8, 2017

Ini Pertolongan Pertama Saat Terkena Sengatan Ubur Ubur Laut


tauajalah.com - Ubur-ubur sekilas terlihat lucu dan tak berbahaya jika dibuat mainan, namun ternyata sengatannya bisa membahayakan bagi manusia lho. Bahkan di beberapa kasus sengatan hewan mirip agar-agar itu bisa memicu kematian jika tak segera mendapat pertolongan.

Untuk mencegah kemungkinan terburuk jika ada anggota keluarga atau teman yang mengalami sengatan ubur-ubur, berikut ini pertolongan pertama yang harus dilakukan :

Menepi ke darat

Segera menepi ke darat atau pantai jika sengatan terjadi saat sedang berenang. Lalu bilas luka dengan air tawar atau air bersih dengan cara mengucurkan air ke atas luka tanpa perlu disentuh atau banyak melakukan gerakan. Tetap tenang dan jangan panik agar racun tak menyebar dengan cepat.

Siram cuka

Studi menyebut bahwa cuka bisa membantu mengurangi efek racun ubur-ubur. Siramkan cuka ke atas luka dan biarkan tanpa perlu di basuh lagi.

Hilangkan sisa tentakel

Biasanya ada sisa tentakel yang masuk atau menempel di kulit. Buanglah dengan memakai kartu ATM atau kartu lain perlahan-lahan. Jangan sentuh dengan tangan sebab masih ada bisa racun di dalamnya.

Kompres

Kompres bagian luka dengan handuk yang sudah dicelup pada air panas untuk meringankan rasa sakit. Atau bisa juga kompres dengan es, untuk membantu meredakan nyeri. Segera ke dokter untuk pertolongan lainnya.

Pertolongan pertama itu harus dilakukan dengan tenang agar racun tak menyebar makin cepat. Segera ke rumah sakit di dekat pantai untuk mendapat obat penawar racun ubur-ubur dan perbanyak minum air putih dan air kelapa untuk memberi kekuatan pada tubuh. Semoga bermanfaat.(sidomi)

0 comments

Post a Comment