Saturday, April 8, 2017

Satelit NASA Pensiun, Umbar Jepretan Terakhir Kecantikan Bumi


tauajalah.com - Lembaga antariksa nasional Amerika Serikat (AS) NASA pekan lalu memensiunkan Earth Observing-1 (EO-1). Salah satu satelit terbaik NASA ini mengakhiri tugasnya setelah 17 tahun mengorbit. 

Awalnya, EO-1 mungkin tak dianggap sebagai primadona. Saat diluncurkan, satelit ini 'hanya' ditujukan untuk menguji dan membantu pengembangan teknologi pencitraan Bumi di masa depan. 

Diluncurkan pada 21 November 2000, EO-1 kala itu dibenamkan 13 teknologi baru. Yang jelas, seiring keberadaannya mengorbit, EO-1 menunjukkan 'kepiawaiannya' menghasilkan foto-foto cantik Bumi melalui bidikan Advanced Land Imager (ALI).


"EO-1 telah mengubah bagaimana pengukuran Bumi dibuat dan digunakan oleh komunitas sains," kata salah satu ilmuwan proyek EO-1 Betsy Middleton.

Selama bertugas, EO-1 membuktikan dirinya tak sekadar perangkat. Jepretannya, tak hanya indah, tetapi banyak di antaranya yang merupakan foto-foto Bumi yang belum pernah diambil dari sebuah satelit. EO-1 menjadi yang pertama mengabadikannya.


Sejumlah peristiwa alam yang terjadi di Bumi, mulai dari banjir, erupsi lava, menguarnya gas methan, sampai penampakan jalur hutan Amazon yang diremajakan, tertangkap cantik oleh ALI. 

Meski telah pensiun, EO-1 masih terus mengorbit hingga lenyap di atmosfer yang diperkirakan terjadi pada 2050.

TEKNOLOVE.ID

0 comments

Post a Comment