Friday, March 31, 2017

Terbius Oleh Hooters Girls

www.tauajalah.com - Di balik pintu masuk restoran berdiri seorang pria berbadan tegap menyambut kedatangan. Pintu dibuka. Tidak ada pemeriksaan. Lagu Smoke On The Water dari grup musik Deep Purple, langsung terdengar. Tak lama, seorang wanita berambut sepunggung menghampiri, menyapa dengan senyuman manis.

"Selamat datang, buat berapa orang?" sapa wanita itu. Pelayan wanita ini disebut Hooters Girls. Dia berbusana kaos model tank top putih dan celana pendek oranye.


Saat masuk, warna oranye dan krem mendominasi ruangan. Restoran ini berbentuk L, berukuran lebih kurang 120 meter persegi. Ada 32 meja dan cukup menampung 100 pengunjung. Di ujung ruangan sebelah kiri, terdapat meja bar panjang dengan tiga televisi berukuran besar di atasnya.


Mayoritas pengunjung di restoran ini merupakan kaum adam. Tidak dipatok umur untuk masuk. Tapi kebanyakan pria dewasa berpakaian necis dan rapih. Ada juga pengunjung wanita dan anak-anak.


Restoran ini bernama Hooters. Lokasinya berada di Jalan Kemang Raya no.5, Jakarta Selatan. Tidak sulit mencarinya. Tepat di pinggir jalan, berada di sebuah gedung ruko, bersebelahan dengan Tamani Kafe Kemang. Inilah restoran yang sedang jadi perbincangan di seantero Jakarta. Jaringan restoran Hooters sudah berdiri di beberapa negara. Yang paling dekat adalah Singapura dan Thailand.
"Hooters Makes You Happy!" Slogan itu tertulis di bagian belakang seragam kaos tank top putih para pelayan wanita restoran Hooters Jakarta. Mereka disebut Hooters Girls, berjumlah 10 orang. Wara-wiri mengantarkan pesanan ke tiap meja pelanggan.

Kata-katanya sopan, senyum manis diumbar. Membuat tamu yang baru datang merasa nyaman.


Sulit memalingkan mata dari para Hooters Girls Jakarta. Kaos tank top dengan celana pendek oranye, stoking hitam menutupi seluruh kaki dan sepatu kasual putih. Hooters Girls terlihat sporty. Tak salah juga jika mereka dibilang seksi. Walau untuk soal busana sedikit lebih tertutup dibanding jaringan Restoran Hooters lain di luar negeri.


Berlokasi di Jalan Kemang Raya no.5, Jakarta Selatan, restoran Hooters Jakarta, kini sedang jadi perbincangan. Banyak yang datang karena penasaran dengan nama besar Hooters yang identik dengan pelayan wanitanya.


Selain makanan dan minuman, tarian dari Hooters Girls menjadi atraksi paling ditunggu. Tidak ada waktu khusus untuk penampilan. Mereka hanya mengikuti lagu ditetapkan manajemen, dan tarian sesuai koreografi akhirnya ditampilkan.


"Sebentar ya, lihat kita menari dulu," ujar seorang Hooters Girls ketika melayani pelanggan. Posisi mereka menari berada di antara para pengunjung. Cuma satu menit mereka menggoyangkan badan. Tariannya sporty dan energik, jadi jangan bayangkan mereka menari sensual.


Satu hal soal Hooters, jangan coba-coba sembarangan dengan para wanita ini. Apalagi berani pegang. Petugas keamanan siap mengamankan siapa pun pelanggan yang nakal.


Ada prinsip harus dipegang para pelanggan restorannya. Peraturan ini bahkan juga diterapkan pada seluruh restoran Hooters di pelbagai negara: You can see, but you can't touch (Boleh dilihat tak boleh dipegang).
Bukan hanya itu. Para pelanggan juga harus berpikiran terbuka. Jangan berpikir para Hooters Girls dilecehkan maupun kerja di bawah tekanan. Restoran Hooters Jakarta memastikan para pelayan wanita mendapat penjagaan dan perawatan. Sehingga dilarang keras memegang para Hooters Girls. Namun, bila ingin sekedar bersalaman buat berkenalan dan berfoto bareng, tidak masalah.


Kredibilitas para Hooters Girls begitu dijaga pengelola. Pihak restoran bahkan tak segan langsung memecat bila wanita itu berani bertukar nomor ponsel di area restoran dengan para pengunjung. "Langsung kita pecat dia," tegas manajemen Hooters.

Bila dibandingkan dengan cabang di negara lain, seragam pelayan wanita di Hooters Jakarta, sepintas tidak jauh berbeda. Memakai tank top putih dan celana pendek oranye. Namun, untuk seragam Hooters Girls di Indonesia, manajemen menaikkan 3 cm pada bagian depan. Pemakaian stoking juga sebagai pembeda.


"Kalau di Hooters negara lain, Hooters Girls-nya sampai kelihatan belahan dadanya. Tapi di sini kita tidak," ujarnya. Para Hooters Girls juga dibimbing seorang pelatih internasional. Paola (24), wanita asal Filipina, ini bakal memandu semua kinerja. Biasanya dia memakai tank top hitam, sebagai pembeda dengan Hooters Girls lainnya.
Manajemen membeberkan beberapa kriteria untuk menjadi Hooters Girls. Ada syarat mutlak. Mereka harus pintar, beretika dan mempunyai pemikiran positif. Selain itu, bisa bernyanyi dan menari sekaligus berpenampilan menarik.

"Untuk ukuran dada tidak jadi patokan," ungkap mereka.


Padahal cabang utama Hooters di Amerika Serikat mempunyai syarat dan kriteria lebih ketat buat menjadi Hooters Girls. Kriteria mereka beda tipis dengan para model dari Victoria Secret. "Jadi benar-benar diseleksi ketat kalau di Hooters Amerika."


Banyaknya Hooters Girls di pelbagai negara, mereka juga menggelar kontes kecantikan. Hooters Girls terbaik dari setiap negara nantinya dipilih dan bersaing dengan kontestan negara lainnya. Hadiahnya tentu menggiurkan. Bukan hanya uang, tetapi juga liburan berkelas.


Pendapatan para Hooters Girls juga dibilang lumayan. Mereka dibayar di atas rata-rata upah minimun provinsi (UMP). Itu belum ditambah pemasukan mereka dari duit tip para pengunjung. Mereka juga mendapat hasil dari harga servis tiap pesanan para pelanggan. Tunjangan perawatan tubuh juga didapat buat menjaga kesehatan tubuh para Hooters Girls.


Untuk jumlah Hooters Girls, mereka masih membutuhkan 10 orang lagi dari jumlah saat ini. Sehingga mereka bisa bekerja bergantian. Apalagi rencananya Hooters Jakarta bakal buka dari jam 11.00 WIB hingga 02.00 WIB dini hari, tiap harinya.


Segala proteksi dibuat pengelola memang buat Hooters Girls merasa nyaman selama bertugas. Para Hooters Girls juga tidak malu menegur pelanggan terlebih dahulu. Seorang Hooters Girls bahkan mengaku bangga menjalani profesinya. Dia tidak merasa ketakutan maupun risih. Sebab, mereka percaya para pengunjung di Hooters Jakarta, punya pikiran terbuka.


"Aku bangga jadi Hooters Girls angkatan pertama di Indonesia. Di sini enak kok," terangnya sambil tersenyum manis.


Menikmati restoran Hooters memang menyenangkan. Tidak perlu sungkan menyapa para pelayannya. Mereka ramah dan menanggapi apa saja segala topik pembicaraan. Namun harus diingat, jangan sampai kelewatan: Anda sopan, kami segan. Begitu kira-kira layanan bakal diterima para pelanggan.
(merdeka)

0 comments

Post a Comment